Sabtu, 19 Januari 2013

Usai kampanye Lukmen, Wamena rusuh

Jumat, 18 Januari 2013 20:22 WIB | 797 Views
http://id.effectivemeasure.net/emnb_18_7886.gif?1682636163Wamena (ANTARA News) - Kota Wamena rusuh seusai kampanye pasangan Lukas Enembe-Klemen Tinal yang berlangsung di lapangan Sinabut, Wamena, Jumat.

Data yang dihimpun ANTARA mengungkapkan kerusuhan itu berawal dari aksi bagi bagi uang pecahan seratus ribu dengan cara melempar yang dilakukan salah satu juru kampanye yakni Befa Yigibalom yang juga menjabat Bupati Lanny Jaya kepada massa dan simpatisan pasangan dengan nomor urut 3.

Akibatnya, massa yang tidak mendapat uang mengamuk dan melempari kendaraan yang berada di lapangan tersebut dengan batu.

Selain melempari dan merusak kendaraan baik dua dan empat, massa juga merusak dua unit kendaraan milik Polres Jayawijaya.

Akibatnya, aparat keamanan dari Polres Jayawijaya dan Brimob Polda Papua melepaskan tembakan peringatan guna membubarkan massa.

Massa nampak makin beringas dengan melempari rumah toko (ruko) yang berada di pinggir jalan, hingga menyebabkan masyarakat langsung menutup pagar dan rumah mereka.

Saat ini tercatat 12 unit kendaraan roda empat dan empat unit sepeda motor rusak, serta delapan orang harus dibawa ke RSUD Wamena untuk mendapat pertolongan.

Dari delapan orang yang mengalami luka luka, dua di antaranya harus mendapat perawatan intensif.

Ketua tim kampanye Lukmen Yunus Wonda kepada ANTARA, mengatakan, pihaknya akan bertanggung jawab terhadap kerusakan yang dialami masyarakat pada insiden tersebut.

"Kami sangat menyayangkan terjadinya insiden tersebut, maka pihaknya akan bertanggung jawab terhadap kerusakan yang dialami masyarakat," tegas Yunus Wonda yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Papua.(E006/KWR)
Editor: B Kunto Wibisono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar